Home | Looking for something? Sign In | New here? Sign Up | Log out

laporan praktikum TI

LAPORAN RESMI
PRATIKUM TEKNOLOGI INFORMASI
“MEMBUAT WEB
MENGGUNAKAN MACROMEDIA DREAMWEAVER 8”


Oleh:
Agus Nurul Komarudin
K2D 008 005



PROGRAM STUDI ILMU KELAUTAN
JURUSAN ILMU KELAUTAN
FAKULTAS PERIKANAN DAN ILMU KELAUTAN
UNIVERSITAS DIPONEGORO
SEMARANG
2009


BAB I
PENDAHULUAN

Teknologi adalah Suatu alat yang mampu untuk mempermudah atau memperlancar suatu pekerjaan. Alat dalam suatu teknologi dapat berupa perangkat baik itu perangkat keras maupun perangkat lunak. Teknologi Informasi adalah suatu teknologi yang digunakan untuk mengolah data, termasuk memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data dalam berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas, yaitu informasi yang relevan, akurat dan tepat waktu, yang digunakan untuk keperluan pribadi, bisnis, dan pemerintahan dan merupakan informasi yang strategis untuk pengambilan keputusan.

Informasi adalah hasil pemrosesan, manipulasi dan pengorganisasian / penataan dari sekelompok data yang mempunyai nilai pengetahuan (knowledge) bagi penggunanya. Namun demikian istilah ini memiliki banyak arti bergantung pada konteksnya, dan secara umum berhubungan erat dengan konsep seperti arti, pengetahuan, komunikasi, kebenaran, representasi, dan rangsangan mental Awal sejarah, manusia bertukar informasi melalui bahasa.
Macromedia Dreamweaver adalah sebuah HTML editor profesional untuk mendesain secara visual dan mengelola situs web maupun halaman web. Bilamana kita menyukai untuk berurusan dengan kode-kode HTML secara manual atau lebih menyukai bekerja dengan lingkungan secara visual dalam melakukan editing, Dreamweaver mambuatnya menjadi lebih mudah dengan menyediakan tool-tool yang sangat berguna dalam peningkatan kemampuan dan pengalaman kita dalam mendesain web. Dreamweaver MX dalam hal ini digunakan untuk web desain.dreamweaver MX mengikutsertakan banyak tool untuk kode-kode dalam halaman web beserta fasilitas-fasilitasnya, antara lain : Referensi HTML, CSS dan Javascript, Javascript debugger, dan editor kode ( tampilan kode dan Code inspector) yang mengizinkan kita mengedit kode Javascript, XML, dan dokumen teks lain secara langsung dalam Dreamweaver. Teknologi Dreamweaver Roundtrip HTML mampu mengimpor dokumen HTML tanpa perlu memformat ulang kode tersebut dan kita dapat menggunakan Dreamweaver pula untuk membersihkan dan memformat ulang HTML bila kita menginginkannya. Selain itu Dreamweaver juga dilengkapi kemampuan manajemen situs, yang memudahkan kita mengelola keseluruhan elemen yang ada dalam situs. Kita juga dapat melakukan evaluasi situs dengan melakukan pengecekan broken link, kompatibilitas browser, maupun perkiraan waktu download halaman web.


BAB II
MATERI DAN METODE


2.1 Waktu dan Tempat Praktikum
Hari dan Tanggal : Senin,5 Desember 2009
Waktu : Pukul 08.00
Tempat : Laboratorium Komputer Jurusan Ilmu Kelautan

2.2 Alat
- Komputer / Laptop
Software Macromedia Dreamwaver 8

2.3 Cara Kerja

Para praktikum Teknologi Informasi ini kami menggunakan Makromedia Dreamweaver 8 untuk membuat web atau situs, dengan langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.
1.Langkah pertama adalah dengan membuat folder, dimana nantinya folder ini adalah tempat menyimpan semua dokumen dalam pembuatan web.
Caranya adalah : klik kanan Strart, pilih explor, klik local disk C- Apache - htdocs- klik kanan new folder (berinama sesuai keingingan. Contoh: webmangrove)

2.Buka software Dreamweaver 8. Dengan cara : klik start kemudian pilih all programs, pilih dreamweaver pilih macromedia dreamweaver 8



3.Untuk membuat sebuah web, lakukan penghubungan (Link) MD8 dengan folder yang telah kita buat tadi di awal.
Dengan cara : klik site, new site, isi kolom yang tersedia dengan nama site kita. Kemudian pada Local root folder masukan folder yang telah kita buat.
Pada default images folder isikan folder image yang telah kita buat. Klik Ok.

Dengan otomatis pada bagian kanan tertera folder yang telah kita buat sebelumnya.


4.Kemudian adalah memulai pembuatan web dengan cara klik File kemudian pilih new site, kemudian milih dynamic page kemudian php, klik create.











5.Langkah selanjutnya adalah membuat template sebagai dasar dari web yang kita buat. Dengan cara klik tulusan site pada bagian kanan kemudian pilihnew file beri nama sesui dengan tampilan yang akan kita buat (ex.Index).

6.Kemudian kita klik “indek” maka akan terlihat halaman yang masih kosong.

7.Buat Benner atau judul web kita dengan cara : klik layouts table kemudian drag sesuikan panjang dan lebar yang kita inginkan.

Atur pajang, lebar, serta warna yang kita inginkan. Dengan mengubah pada tool yang tersedia.

8.Buat tulisan atau judul web kita. Dengan cara klik draw layouts cell, lalu drag.


Ketik tulisan yang kita inginkan, kemudian atur bentuk tulisan, warna, ukuran, letak dengan cara mengatur pada bar yang sudah ada dibagian bawah.
“Lakukan langkah yang sama ketika kita mau membuat tulisan pada web yang akan dibikin”

9.Setelah kita membuat komponen web. Kemudian kia link-kan bagian komponen yang terdapat di template kepada dokumen yang dipilih.
Dengan cara crop bagian di tamplate kemudian isi tool dibawah dengan dokumen yang akan delink-kan.


10. Simpan dengan memilih Menu Save,klik Update,lalu klik Done
Setelah desain web selesai dibuat,maka kita dapat melihat hasilnya dengan cara :
Klik kanan pada tombol Start,All Programs,pilih PHPtriad kemudian pilih Apache Console,klik Start Apache


Tunggu beberapa saat hingga website yang kita buat akan ditampilkan.



BAB III
KESIMPULAN

Website merupakan halaman yang terhubung dengan internet dimana menampilkan informasi, gambar gerak, suara yang dihubungkan dengan link-link.
Unsur-unsur yang penting dalam pembuatan website adalah domain website,hosting,bahasa/script,desain web,publikasi dan pemeliharaan website.
Macromedia Dreamwaver 8 adalah aplikasi dalam pembuatan,pengelolaan website dan halaman web.


Versi PDF


http://www.ziddu.com/download/7857937/LAPORANRESMIti2.pdf.html


0 komentar: