Home | Looking for something? Sign In | New here? Sign Up | Log out

Kembangkan Ilmu Kelautan dan Perikanan


sumber : OkeZone.com
SEMARANG - Universitas Diponegoro (Undip) Semarang bekerjasama dengan Korea Ocean Research And Development Institute (KORDI) untuk pengembangan Ilmu Kelautan dan Perikanan.

Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) juga telah dilakukan antara kedua belah pihak Sidang Rektorat Kampus Undip Tembalang. Hadir pada penandatanganan MoU tersebut, wakil dari KORDI Soon Kil-Yi, Phd dan Lee Hyi Seung, Phd, Dr Muhammad Nur, DEA selaku pembantu rektor IV Undip, Prof Dr Ir Ambariyanto, MSc, selaku Dosen Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, dan Prof Dr Ir Johanes Hutabarat, MSc selaku Dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan.

Pada penandatangan nota kesepahaman tersebut, Undip dan KORDI secara bersama-sama memutuskan beberapa hal, di antaranya tujuan MOU adalah untuk mempromosikan kerja sama penelitian dengan maksud berkontribusi dalam peningkatan ilmu kelautan dan pengembangan teknologi perikanan di Asia Tenggara.

Bentuk kerja sama meliputi pengembangan proyek penelitian, seminar- seminar ilmiah dan teknis, serta publikasi mengenai topik yang menjadi perhatian bersama, pertukaran anggota, informasi dan sampel, dan menggunakan fasilitas meliputi sarana dan instrumen penelitian, di mana bentuk kerja sama tersebut akan ditentukan melalui konsultasi bersama.

Soon Kil-Yi menyebutkan, pengembangan yang dilakukan, di antaranya pada pengembangan Bioresources di perairan Pasifik, yakni dengan mencari substansi-substansi baru dengan membedakan bioaktivitis. “Mikroba yang ada di laut merupakan sumber daya baru pada komponen bioaktif dan mengurangi penggunaan pestisida untuk ikan dan biota laut lainnya.

Pengembangan Bioresources lainnya adalah suplai massal metabolisme seperti isolasi organisme mikrosimbiotik dan penerapan berbagai macam teknik biologi molecular. Di samping itu, perluasan lingkup penelitian dengan pendekatan multidisipliner, sepertikimiakedokteran, kimia biorganik, biologi molecular, dan sebagainya, juga dikembangkan, ” jelasnya.

Pembantu Rektor IV Undip Dr Muhamad Nur, DEA mengungkapkan, sebagai pendukung, Undip telah memiliki proyek pengembangan terpadu 2008-2010. Proyek tersebut, di antaranya pembangunan University Hospital, laboratorium terpadu, Gedung Pusat Informasi dan Komunikasi, serta sarana dan prasarananya pendukungnya. (susilo himawan)
http://www.agusnurul.blogspot.com/

0 komentar: