Home | Looking for something? Sign In | New here? Sign Up | Log out

Latihan Perairan Terbuka (LPT) MDC-XVII

Latihan Perairan Terbuka (LPT) bagi calon anggota muda MDC XVII telah selesai dilaksanakan. LPT merupakan tahapan ke-5 dari tujuh tahapan yang harus dilalui oleh setiap Mahasiswa Ilmu kelautan Undip yang berminat menjadi anggota MDC (Marine Diving Club). Merupakan suatu kebanggaan ketika bisa sampai atau melewati tahapan ke-5 ini. Karena peserta yang berhak mengikuti LPT adalah mereka yang telah lolos pada tahan Latihan Keterampilan Kolam (LKK) yang dilakukan selama 4 hari ditambah dengan LKK pemantapan selama 6 hari, dan dianggap telah sesuai dengan standar yang ada pada MDC. Pada tahapan LKK, peserta diberi materi yang harus mereka ikuti sebagai bekal ketahapan LPT. Diantaranya kemampuan dasar selam, fin swiming 9000 M, materi SCUBA, kemampuan dan teknik pendataan ekosistem terumbu karang, SAR SCUBA – SAR MEDIS, dan SOP (Standar Oprasional Prosedur) perlatan selam.
Pada LPT ke-17 ini,  Carcharodon (panggilan untuk panitia dan senior) bersama-sama dengan peserta melakukan penyebrangan ke P. Panjang dari Dermaga Kampus Teluk Awur dengan jarak tempuh hampir lebih dari 6 KM. Semalam sebelum melakukan penyebrangan terlihat kegelisahan pada sebagian peserta, tapi kegelisahan tersebut terjawab ketika mereka (33 Peserta) berhasil sampai di P. Panjang setelah 3 Jam.
Materi lain pada tahapan LPT ini adalah pengaplikasian meteri yang telah diberikan di tahapan LKK. Teknis Pelaksanaan hari pertama, Carcharodon sepakat materi yang diberikan kepada peserta dititik-beratkan pada kemampuan adaptasi dengan alam. Kemudian pada hari-hari selanjutnya peserta diberi materi-materi tambahan. Seperi materi Pengenalan komonen dan pengoprasian Rubber boat, pendataan ekosistem terumbu karang (tingkat Life Form) dan materi Restorasi. Materi Restorasi merupakan materi baru yang dikenalkan kepada peserta. Restorasi terumbu karang merupakan suatu usaha untuk mengembali­kan fungsi dari terumbu karang yang telah mengalami kerusakan. Usaha memperbaiki terumbu karang alami sebagai tempat tinggal organisme laut.  Ini sebagai tindak nyata terhadap keprihatinan menurunnya tutupan terumbu karang di P. Panjang.
Selama pelaksanaan LPT ini, banyak Carcharodon senior yang hadir diantaranya Carcharodon Budi, Habib, Lutfi,  panji, farid, memberikan warna tersendiri terhadap pelaksanaan LPT ini.


Berikut adalah nama-nama peserta yang dinyatakan lolos pada tahapan LPT XVII :
No
Nama
Nama Keren
1
MIRZA GHULAM
Abudefduf
2
THOMAS AGUNG P.E.C
Alveopora
3
KHUSNUL K
Ambliglypidhodon
4
ERMA
Amphiprion
5
DEDE SYUKUR
Arothron
6
DIYAN MUHAMAD R
Caesio
7
REANDY INDRAYANA
Caulastrea
8
SURANTA TARIGAN
Cephalopolis
9
M. RIZKY
Chromileptes
10
DANIEL JACKSON JUBIANTO
Chromis
11
ALAN WARDANI
Diagrama
12
KASTIYAN
Diploastrea
13
DESTIO DWI P
Echinopora
14
FAUZIA RAFSANI
Favia
15
FAHD ABDUL JALIL A
Gardineroseris
16
OKY M HARDANI
Goniastrea
17
HERNI C SIDABUTAR
Goniopora
18
FERI DWI SETIAWAN
Helichoeres
19
HENDRA WILIARTA
Hemygimnus
20
FUAD ASHARI
Heniochus
21
RIZKY AMALIA
Hipocampus
22
ILHAM NUR P
Leptoria
23
RISNITA TRI UTAMI
Merulina
24
MARTINA NAVATI LOVA
Montastrea
25
JEANNY ELONICA N
Montipora
26
SIGIT HERU P
Pavona
27
RAISHA MEDIA U
Physogira
28
WISMAN FABRISSE
Platax
29
ALOYSIUS ANGGIH P
Plerogyra
30
CHRISTINE RUTH SIREGAR
Pochilopora
31
ADI GUNA
Pomachantus
32
RICA DEWANTY
Seriatopora
33
RANNY RAMADHANI YUNENI
Siganus
Kami Carcharodon, mengucapkan  Selamat kepada peserta yang telah lolos mengikuti tahapan LPT ini. Tetap semangat, masih menunggu 2 tahapan lagi. Serta kami ucapkan terima kasih kepada senior, pengurus, dan panitia yang telah membantu terlaksananya Latihan Perairan Terbuka ini.
“CARCHARODON “:
PANITIA OPEN RECRUITMEN
MARINE DIVING CLUB XVII


   

0 komentar: