Home | Looking for something? Sign In | New here? Sign Up | Log out

Catatan Kegiatan Reef Check KJ 2010, Hari Ke-2

di atas kapal KM Muria
Hari sabtu sore (6 November 2010) Peserta, panitia tidak ketinggalan senior-senior kami di MDC (Marine Diving Club Ilmu Kelautan UNDIP) serta media publikasi kami ; Expedition MetroTv dan Dive Discovery tiba di Pelabuhan Karimunjawa. Panitia terbagi kedalam beberapa Jobdes sesuai dengan Jobdes Teknis Pelaksanaan RC KJ 2010 (Reef Check Karimunjawa 2010) yang telah lama kami godog bersama pengurus MDC. Sebagai Korlap Darat Irvan Ahmad Fikri membreafing peserta untuk pembagian tempat tinggal sekaligus penyampaian kegiatan yang akan dilaksanakan selanjutnya.

Peserta Reef Check 2010
Sementara itu, sesaat ketika barang-barang telah kami pindahkan ketempat penginapan Panitia, terlihat peserta menyibukkan diri berfose untuk pengambilan rekaman baik dalam bentuk foto maupun video. Sebagaian besar peserta memang baru pertama kali menghirup suasana pemandangan alam Taman Nasional Karimunjawa. Dengan ke-eksotisannya, Karimunjawa seakan telah menyihir sebagian besar peserta untuk berlomba mendapatkan fose serta latar yang bagus untuk diundah ke alat perekam mereka.

berfose di belakang KM Muria
Menjelang Malam hari setelah peserta melakukan makan malam, panitia selanjutnya sibuk menyiapkan simulasi metode pendataan Reef Check. Simulasi ini dilaksanakan di ruang aula Kecamatan Karimunjawa, sebagai pemateri Andreanus Sembiring (Traener Reef Check) memberikan materi dalam bentuk PPT, kemudian peserta dipersilahkan melakukan simulasi pendataan. Peserta terbagai kedalam 3 kelompok. Kelompok pertama adalah Invert yang harus melakukan simulasi pendataan Invertebrata dengan menggunakan metode Visual Sensus, kelompok ke-2 adalah yang akan melakukan simulasi pendataan Substrat/ Karang dengan menggunakan metode Transect Point, sementara kelompok ke-3 melakukan simulasi pendataan Ikan Indikator dengan menggunakan metode Visual Sensus, sama dengan pendataan Invert. Simulasi dilakukan secara bergantian, sehingga setiap peserta akan mendapatkan simulasi semua indikator yang diambil dalam metode Pendataan Reef Check.

Pulau Menjangan Besar
Dengan gambar yang telah disediakan, serta peralatan pendataan seperti roll meter, sabak, dan buku ident peserta terlihat serius mengikuti simulasi dan arahan yang disampaikan oleh pemateri simulasi. Dalam sela-sela simulasi, peserta berdiskusi interaktif dengan panitia yang mendampingi mengenai gambar yang peserta dapatkan (temukan) dalam simulasi. Andre mengatakan : ”Dengan simulasi ini diharapkan peserta RC akan faham serta mampu melakukan pendataan dengan metode Reef Check”.

Pulau Menjangan Kecil
Setelah selesai diklat simulasi pendataan RC selanjutnya peserta kembali dibreafing oleh Irvan mengenai teknis serta pembagian pendataan yang akan kami laksanakan di hari pertama Pendataan RC. Pada hari pertama pendataan ini (hari Minggu, 7 November 2010) peserta akan melakukan pendataan di dua Pulau yang berbeda, Yakni Pulau Menjangan Kecil dan Pulau Menjangan Besar.

0 komentar: