Home | Looking for something? Sign In | New here? Sign Up | Log out

Launching Reef Check Karimunjawa 2010 (Catatan kecil Sebuah Kegiatan Besar)

Jumat tanggal 5 November 2010 Launching Reef Check (RC) Karimunjawa 2010 di Ruang seminar kampus Kelautan Tembalang. Dikordinatori oleh Robin Sirait sebagai korlap, panitia sibuk menempatkan diri pada posisi dan jobdes masing-masing. Panitia terbagi menjadi beberapa sie diantaranya sebagai penerima tamu undangan dan peserta, moderator, dokumentasi, pembawa acara, dan ada pula yang bertugas menjemput undangan dan peserta yang baru tiba di bandara A. Yani dan stasiun Kereta Api Tawang. Terlihat juga kesibukan saudara Sebastian Aviandika selaku ketua Reef Check Karimunjawa 2010 didampingi saudarfa Husnan Azhar selaku Ketua MDC menemani peserta dan tamu undangan yang telah hadir.

Peserta yang hadir pada Launching RC ini berjumlah 34 orang terdiri dari klub selam dan dari beberapa yayasan, diantaranya Oseanik UNPAD, Maranatha Diving Club, MSDC UNRI, Himbio UNPAD, yayasan Peka Bahari, WWF Jakarta, ITB, serta dari Bali. Tidak ketinggalan juga pada saat launching RC ini tiga wartawan Expedition Metrotv serta dua wartawan majalan Dive Discovery ikut hadir meliput Launching RC 2010.

Launching RC 2010 ini dibuka langsung oleh perwakilan Pembantu Rektor III dan dihadiri oleh beberapa tamu undangan penting diantaranya Pembantu dekan III, Ketua Prodi Ilmu Kelautan, BTN Karimunjawa, POSSI, pembina MDC, serta rekan-rekan UKK yang berada di lingkungan Undip.

Setelah selesai pembukaan, acara selanjutnya adalah Talkshow dengan Tema Pengkajian Ekosistem Terumbu Karang Akibat Dari Pemanasan Global. Dengan dimoderatori oleh sudara Agus Nurul Komarudin (MDC XVI) serta materi disampaikan oleh Dosen sekaligus Ahli Karang Dr. Ir. Munasik, M.Sc dan dari pihak Balai Taman Nasional (BTN) Karimunjawa. Pada talkshow interaktif ini, peserta diberi pengetahuan mendasar tentang pentingnya ekosistem terumbu karang serta dampak yang terjadi terhadap keberlangsungan hidup hewan karang akibat dari pemanasan gelobal, kemudian materi tentang kondisi terkini keberadaan ekosistem terumbu karang di Kepulauan Karimunjawa oleh Pihak BTN Karimunjawa. Walaupun waktu yang tersedia sangat singkat tapi antusias peserta sangat tinggi terlihat ketika peserta berusaha mendalami materi dengan berbagai pertanyaan yang disampaikan baik oleh Pak Munasik maupun dari pihak BTN Karimunjawa.

Launching RC 2010 ditutup dengan Diklat REEF CHECK yang disampaikan oleh Andreanus Sembiring, S.Kel yang merupakan trainer yayasan Reef Check Indonesia. Materi yang disampaikan mengenai metode pemantauan Ekosistem terumbu karang meliputi Substrat, Invertebrata, dan Fish. Metode yang dilakukan pada Reef Check itu sendiri terbagi kedalam metode Transect Poin untuk Subtrat dan metode Visual Sensus untuk Fish dan Invertebrata. Pada Pendataan Subtrat, peserta diharuskan mencatat bentuk subtrat yang ditemui setiap 50 CM pada transec (roll Meter) yang dibentangkan 100 M sejajar dengan garis pantai. Sementara pada pendataan Fish dan Invert peserta mencatat banyaknya ikan Indokator serta Invert yang ditemui setiap 20 M transect.

0 komentar: