Home | Looking for something? Sign In | New here? Sign Up | Log out

Seberapa seringkah anda mendengar istilah Nitrox ?

Pernahkah anda mendengar nitrox sebelumnya? Nitrox memiliki nama panggilan lain seperti enriched air, oxygen enriched air, dan EANX  yang sering disangkut-pautkan dengan penyelaman professional, kekompleks-an perlalatan yang digunakan, dan masih banyak anggapan lain tentang Notrox ini, kadang ada pula yang mendefinisikan menyelam dengan hanya menggunakan Nitrogen. Padahal istilah Notrox itu sendiri secara sederhananya merupakan campuran oksigen dan nitrogen dalam sebuah scuba tank, namun dengan kandungan oksigennya yang lebih diperbesar dari  21 %.

Menyelam dengan menggunakan nitrox sekarang ini mengalami popularitas dikalangan penyelam yang ingin menikmati waktu penyelaman yang lebih lama dari biasanya. Karena, dengan menggunakan campuran nitrox ini persentasi kandungan oksigennya diperbesar mulai dari 22 % sampai 40 %,  hal ini memungkinkan penyelam memiliki waktu penyelaman lebih lama dibanding dengan menggunakan udara bebas. Di samping itu pula, dengan  menggunakan campuran nitrox ini kemungkinan terjadinya penyakit dekompressi akan terminimalisir, karena kandungan nitrogen yang diserap lebih sedikit jumlahnya dibanding dengan menggunakan udara biasa. Namun,  dalam penggunaan campuran Nitrox ini seorang penyelam diharuskan mengikuti latihan khusus untuk mencegah terjadinya “Oxygen toxicity” atau keracunan oksigen karena dengan diperbesarnya  kandungan oksigen pada keadaan tertentu akan menjadi racun.

Perbedaan mendasar antara scuba diving reguler dan diving Nitrox adalah dalam jenis udara yang digunakan dalam tangki penyelam. Scuba Regular memiliki rasio yang sangat spesifik antara nitrogen dan oksigen dengan tujuan untuk memasukan campuran udara ke dalam scuba tank yang memiliki kesamaan rasio campuran udara dipermukaan bumi. Sedangkan Nitrox diving, di samping untuk memaksimalkan Bottom Time (yakni, waktu yang dihabiskan penyelam di bawah laut) dan meminimalkan Surface Interval (yakni, waktu interval jeda di permukaan sebelum melakukan penyelaman kembali). 

Penggunaan Nitrox bisa terdiri dari beberapa campuran udara yang memiliki berbagai rasio. Biasanya digolongkan menjadi dua jenis: hipoksia yang berisi persentase yang lebih rendah oksigen dari pada udara biasa (misalnya, kurang dari 21%), dan Nitrox hyperoxic yang berisi lebih dari 21% oksigen. 
Pada Rekreasi dan olah raga penyelam hanya dapat menggunakan Nitrox hyperoxic campuran.  Ada dua jenis campuran udara Nitrox yang digunakan dalam penyelaman. Yakni Nitrox I (juga disebut Nitrox 32) yang terdiri dari oksigen 32% dan 68% nitrogen, dan Nitrox II( juga disebut Nitrox 36), yang terdiri dari 36% oksigen dan nitrogen 64%. 


Sumber Referensi

Anonim. “ Nitrox”.  http://www.En.wikipedia.org  (diakses pada tanggal 7 April 2011)

Anonim. “PADI Enriched Air (Nitrox)”.  http://www.Baliscuba.com (diakses pada tanggal 7 April 2011)

Aninim. “What is Nitrox Diving?”. http:// www.wisegeek.com (diakses pada tanggal 7 April 2011)

Anonim. Kursus Notrox Diving”.  http://Kursusdiving.com (diakses pada tanggal 7 April 2011)


Ditulis Oleh
Agus Nurul K
Chrysiptera16 Marine Diving Club

0 komentar: