Home | Looking for something? Sign In | New here? Sign Up | Log out

MUSANG, Pesta Demokrasinya MDC Ilmu Kelautan Undip.

Musang (Musyawarah Anggota) merupakan masa-masa peralihan kepengurusan di Marine Diving Club (MDC) Ilmu Kelautan UNDIP. Pesta demokrasi MDC ini selalu dihadiri oleh  keluarga besar MDC baik yang masih aktif (Anggota Biasa) ataupun oleh Anggota luarbiasa (anggota yang sudah menjadi alumni Jurusan Ilmu Kelautan UNDIP). Musang yang ke-17 kali ini sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang biasa dilaksanakan di Kampus Jurusan Ilmu Kelautan kali ini di laksanakan di Base Camp/ Sekretariat : Jl. Gondang Barat III No. 5 RT/RT 001/003, Bulusan, Tembalang, Semarang.

Diawali dengan launching Musang yang dilaksanakan di Kampus Jurusan Ilmu kelautan pada hari Jumat, 27 Mei 2011 yang dibuka langsung oleh Pembantu Dekan III FPIK UNDIP  Ir. Nur Taufik spj, M.App.Sc. Dalam sambutannya Ir. Nur Taufik spj, M.App.Sc. Memberikan harapan besar kepada MDC dengan kepengurusan baru nanti MDC harus mampu mempertahankan eksistensi dan meningkatkan skill/ kemampuan anggotanya baik dalam dunia Selam Ilmiah itu sendiri maupun kemampuan-kemampuan lain agar mampu menjawab berbagai tantangan dan harapan di dunia kemaritiman baik sekala Nasional maupun Global. Sementara itu, Pembina MDC Dr. Ir. Munasik, M.Sc. Memberikan wejangan terutama setelah berkabungnya Keluarga Besar MDC karena kehilangan salah satu sosok Pembina yang telah lama mendampingi dengan berbagai arahan dan kecintaanya kepada MDC,  Alm. Bapak Ir. Wisnu Widjatmoko, M.Sc. Dalam wejangannya Dr. Ir. Munasik, M.Sc. Memberikan harapan besar kepada MDC walaupaun telah kehilangan sosok yang selalu mendampinginya, MDC harus tetap menjaga nilai-nilai yang selama ini mdc miliki disertai dengan peningkatan kualitas sumberdaya manusianya serta memperkuat tali silaturahmi – kekeluargaan yang selama ini sudah terjalin erat oleh seluruh anggota MDC.


Rangkaian kegiatan selanjutnya adalah sidang pembukaan yang dipimpin oleh Pimpinan Sidang (Pindang) FX Ayu Charismawati (Cephallopolis16) membas tentang aturan pelaksanaan sidang serta pemilihan pimpinan sidang tetap pada masing-masing sidang Pleno. Layaknya pesta demokrasi di gedung Senayang Jakarta seluruh anggota MDC pada setiap rangkaian acara kegiatan Musang memiliki hak dan kewajiban yang sama baik dalam mengeluarka pendapat/ hak berbicara maupun hak untuk memberikan suara. Disamping itu pula, pelaksanaan Musang ini dilengkapi sarana komunikasi video steaming – chatting untuk memerikan kesempatan kepada anggota luar biasa yang masih bisa menyempatkan diri mengikuti Musang walau bertempat nan jauh disana dengan berbagai aktivitas yang dikerjakannya.

Keempat Sidang Pleno yang dilaksankan selama empat hari (Jumat – Senin, 27 – 30 Mei 2011) diawali dengan penyampaian Laporan Pertanggungjawaban kepengurusan periode 2010/11 yang disampaikan langsung oleh saudara Husnan Azhar selaku Ketua MDC 2010/11 dengan Pindang Destio (Echinopora17) selanjutnya pembahasan AD-ART dengan Pindang Lukman (Leptoseris16) , GBHK dengan Pindang Agus (Chrisyptera16), RENSTRA dengan Pindang Dede (Arothron17), dan KADERISASI dengan Pindang Jeanny (Montipora17) oleh masing-masing Komisi AD-ART, GBHK, Renstra, dan Komisi Kaderisasi.

Sidang selanjutnya adalah mengenai pemilihan Tim Formatur dan pemilihan Ketua MDC 2011/12 dipimpin oleh Pindang RR. Tiwi, sidang ini berjalan cukup alot karena bebagai macam pandangan serta pendapat dari masing-masing anggota terhadap ke-ideal-an Ketua MDC baru yang harus bisa mengayomi seluruh anggota, harus mampu menjawab berbagai tantangan serta peningkatan kualitas SDM seluruh anggota MDC seperti yang telah banyak dibahas dalam sidang-sidang pleno sebelumnya.
Dengan menjunjung tinggi asas Musyawarah yang Mufakat, akhirnya dari seluruh anggota MDC yang hadir terpilihlah 5 orang calon Tim Formatur dan calon Ketua MDC (Muhamad Lukman, Miko Budi Raharjo, Agus Nurul K, Tutus Wijanarko, dan  Irvan Ahmad FIkri).

Setelah terpilih lima calon tersebut, dilanjutkan dengan penyampaian Visi-Misi oleh masing-masing calon dihadapan peserta sidang, kemudian peserta sidang kembali melakukan musyawarah mufakat untuk menentukan 3 orang tim Formatur sekaligus ketua MDC dari kelima calon yang sudah ada. Dalam pemilihan tim Formatur sekaligus Ketua MDC seluruh anggota benar-benar menggodok dan memusyawarahkan secara mufakat untuk menentukan Ketua dan Tim Formaturnya. Setelah sekian lama melakukan Musyawarah Mufakat, akhirnya anggota sidang berhasil memilih saudara IRVAN, MIKO, dan AGUS sebagai Tim Formatur, dan saudara Irvan Ahmad Fikri sebagai ketua Marine Diving Club MDC periode 2011/12.

0 komentar: