Home | Looking for something? Sign In | New here? Sign Up | Log out

Akhir dari sebuah kerumitan salah satu mata kuliah, semoga bermanfaat.

BAB I
PENDAHULUAN

1.1.Latar Belakang Kerja Praktek
Kerja praktek adalah tugas akademik yang diwajibkan kepada mahasiswa untuk mempelajari sistem nyata dunia kerja sesungguhnya dengan cara melakukan magang kerja di suatu perusahaan percetakan dengan pekerjaan tentang desain sticker, atau institusi pada bagian atau divisi tertentu dalam kurun waktu yang telah ditentukan. Sticker merupakan media promosi dengan beberapa penempatan dengan tempelan di sebuah dingding.
Dewasa ini, dunia kerja menuntut segala sesuatunya menjadi lebih mudah dan cepat. Baik dalam pencarian data ataupun informasi. Hal tersebut ditunjang dengan kemajuan teknologi. Sehingga pencarian data ataupun informasi dapat diakses dengan lebih efisien. Hal tersebut dapat dilakukan baik dalam media visual, visual verbal ataupun verbal.
Media visual dapat diperoleh dari outlet/display, banners, poster flyer dll. Media visual verbal dapat diperoleh dari TV ataupun Internet.Sedangkan verbal biasa kita kenal dengan radio. Radio yang merupakan salah satu mass media verbal berfungsi sebagai media penyebaran informasi/dapat pula untuk meningkatkan awareness secara cepat dan luas. CV. INDOPRINTING merupakan salah satu perusahaan percetakan yang bertempat di Kota Semarang.

1.2.Tujuan Melaksanakan Kerja Praktek
Adapun tujuan dari Kerja Praktek  adalah :
-          Mempraktekkan ilmu yang didapat selama kuliah.
-          Memahami dan menerapkan secara teknis pekerjaan di bidang grafis pada suatu perusahaan, instansi maupun lembaga.
-          Mendapat pengalaman bekerja dari orang-orang yang lebih berpengalaman dibidang desain.




1.3.Waktu dan Tempat Melaksanakan Kerja Praktek
Lamanya pelaksanaan kerja praktek ini yaitu selama 3 Minggu  yakni terhitung dari tanggal 4- 25 Juni 2011. Perusahaan yang dijadikan tempat untuk melaksanakan kerja praktek ini adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidangadvertising  yaitu CV. INDOPRINTING yang beralamat di Jl. Durian Raya 100, Banyumanik, Kota Semarang.


BAB II
DESKRIPSI PERUSAHAAN

2.1. PROFIL PERUSAHAAN
CV. INDOPRINTING adalah perusahaan yang bergerak dalam usaha percetakan, fotocopy dan juga print foto.  CV. INDOPRINTING terletak di Jl. Jl. Durian Raya 100, Banyumanik, Kota Semarang.

2.2. VISI DAN MISI
VISI
Kepuasan pelanggan adalah kebanggaan kami.
MISI
-          Menyediakan bahan cetak kualitas tinggi.
-          Menyediakan alat cetak dan pencetak kualitas tinggi.
-          Memiliki desainer yang mumpuni dalam bidangnya.
-          Memberikan pelayanan yang ramah terhadap konsumen.

2.3. KEBIJAKAN PERUSAHAAN
Kebijakan perusahaan dalam menentukan berjalannya perusahaan ini adalah :
-          Memberi gaji yang tinggi kepada karyawan.
-          Selalu mengedepankan kepuasan pelanggan.
-          Memberi tempat konsumen yang representative.
-          Adanya kamar mandi untuk keperluan MCK dan keperluan sehari-hari.
-          Buka jam 08.00 sampai jam 09.00 malam.
-          Buka setiap hari dari hari senin sampai hari minggu.

2.4. STRATEGI PERUSAHAAN
Untuk mensukseskan atau mempertahankan perusahaan dalam rangka persaingan dalam dunia global maka perusahaan memiliki beberapa strategi :
-          Letak yang strategis dekat pusat kota kantor dan lembaga desa.
-          Bekerjasama dengan pihak ( perusahaan ) lain seperti dalam bidang sablon..
-          Memiliki sales yang menjadi ujung tombak perusahaan di kebumen dan juga luar kebumen yang bertugas memamerkan product.
-          Tempat tunggu cetak foto & foto copy yang nyaman.
-          Buka sampai jam 09.00 malam.
-          Buka setiap hari dari hari senin sampai hari minggu.

2.5. KEBIJAKAN MUTU PERUSAHAAN
Mutu perusahaan dalam dunia sangatlah diperhatiakan, karena mutu perusahaan akan membawa nama / nilai tentang persepsi konsumen terhadap perusahaan. Mutu juglah yang akan membawa penilaian baik atau buruk tentang hasil atau kualitas barang. Maka dari itu, untuk menjamin mutu perusahaan agar product dapat bersaing di pasaran maka perusahaan CV. INDOPRINTING memiliki bearapa keunggulan diantarannya :
-          Desianer yang mumpuni dalam bidang desain
-          Operator yang berpengalaman di bidang percetakan.
-          Service terhadap konsumen yang terbaik.
-          Mesin cetak, foto copy, print yang terawat.
-          Buka setiap hari dari hari senin sampai hari minggu.

2.6.  INFORMASI JAM KERJA
NO
HARI
MASUK
ISTIRAHAT
PULANG
1
SENIN
08.00
12.00 – 13.00
16.00
2
SELASA
08.00
12.00 – 13.00
16.00
3
RABU
08.00
12.00 – 13.00
16.00
5
KAMIS
08.00
12.00 – 13.00
16.00
6
JUM’AT
08.00
11.00 – 13.00
16.00
7
SABTU
08.00
12.00 – 13.00
16.00
8
MINGGU
08.00
12.00 – 13.00
16.00
NB : DESIANER DAN PEMASARAN SAMPAI JAM 09.00 MALAM

2.7.  JENIS PRODUK
CV. INDOPRINTING yang bergerak dalam usaha percetakan dan fotocopy memiliki beberapa product unggulan diantaranya adalah : Foto copy, Atk, Banner, Sticker, Foto, Nota, Kwitansi,Sablon, Digital printing, dll.

2.8.  KWALITAS PRODUK
Untuk menjaga kepuasan konsumen kami menjanjikan produk : Tahan Lama, Harga Bersaing, Hasil Terbaik, dan Proses Cepat.


BAB III
LAPORAN KERJA PRAKTEK

 3.1. Peranan Praktikan Dalam Perusahaan
CV.INDOPRINTING merupakan perusahaan yang bergerak  ibidang advertising Dalam pelaksanaan Kerja Praktek ini, praktikan diposisikan sebagai desainer untuk desain sticker. Dalam proses pembuatan desain, praktikan bertanggung jawab dan dibimbing langsung oleh Bapak Wahyu Hartanto sebagai senior desain grafis di perusahaan tersebut.

3.2 Pekerjaan Praktikan Selama Kerja Praktek
Praktikan bertanggung jawab dalam perancangan desain yang diantaranya adalah perancangan media sticker, Semua perancangan desain yang praktikan buat, tidak lepas dari konsep yang telah ditentukan oleh Bapak Wahyu Hartanto. Dalam merancang desain, praktikan menggunakan software komputer grafis seperti CorelDRAW dan Photoshop untuk mempermudah pengerjaan perancangan desain agar mendapatkan hasil yang baik dan sesuai dengan konsep yang ditentukan.

3.3 Metode Kerja Praktikan
Langkah awal yang dilakukan praktikan dalam membuat suatu desain yaitu mendesain sesuai dengan keinginan klient. Hal ini dilakukan agar klient merasa puas. Setelah itu praktikan memberikan masukan / pendapat kepada klien sebagai pertimbangan pembuatan desain tersebut. Setelah melakukan sebuah kesepakatan maka praktikan akan langsung mengerjakan desain yang disepakati.

3.4 Perancangan Desain Sticker
Dalam perancangan pembuatan sticker, yang pertama di lakukan adalah pengenalan karakteristik dari tema yang akan dimunculkan. Hal lain yang perlu di perhatikan selain perancangan atau konsep dalam pembuatan sebuah desain adalah memikirkan bagaimana teknik pembuatanya, apakah rumit atau sederhana sehingga dengan mengetahui tingkat kesulitan dari desain yang akan praktikan buat, maka praktikan dapat menentukan dan mengatur target waktu yang tepat agar karya yang dibuat dapat diselesaikan dengan baik, benar dan tepat waktu.

3.4.2 Teknis Perancangan
Dalam perancangan desain sticker calon legislatif ini menggunakan software Photoshop CS. Langkah awal yang dilakukan adalah dimulai dengan membuka document baru ukuran A3 pada software Photoshop CS, kemudian beri nama ‘Tugas 1’. Dan mulai untuk memasukan beberapa foto/ gambar beserta text  tersebut untuk didesain dan melayoutsesuai keinginan klien tersebut.


BAB IV
KESIMPULAN

Kerja praktek bagi penulis merupakan sarana untuk belajar lebih dari yang dipelajari penulis selama mengikuti kegiatan perkuliahan. Penulis berkesempatan untuk melaksanakan kerja praktek di CV. INDOPRINTING yang merupakan salah satu advertising di Kota Semarang.

Penulis ingin mengetahui sistem kerja dari perancangan kegiatan yang dilakukan oleh pihak advertising, Seperti proses pembuatan desain sampai printing, Dalam sistem organisasi terdapat banyak divisi dan tim yang terlibat. Tiap tim bekerja sesuai dengan keahliannya masing-masing melaksanakan tugasnya. Proses pembuatan ide dan konsep terdapat proses pencarian data, analisa data, serta yang terakhirpublikasi pada khalayak.

Pada kesempatan ini, penulis berkesempatan untuk membuat beberapa desain. sehingga mengetahui proses bagaimana mengolah sebuah ide atau konsep yang kemudian menjadi karya desain untuk dijadikan sebuah sticker. Selama mengikuti kerja praktek, penulis mendapatkan banyak sekali pengetahuan dan pengalaman berharga. Kerja praktek sedapat mungkin dapat menjadi gambaran penulis untuk terjun langsung kedunia kerja yang sebenar-benarnya.

0 komentar: