Home | Looking for something? Sign In | New here? Sign Up | Log out

Reportase Kegiatan KKN Desa Gedangan Minggu ke-2

Minggu kedua kami di lokasi pelaksanaan KKN Desa Gedangan diisi dengan kegiatan rutin kami adalah bimbingan belajar bagi anak SD- SMP yang dilaksanakan setiap malam di Posko KKN.  Kegiatan ini dilakukan sebagai upaya kami membantu pelaksaanan pendidikan di  Desa Gedangan. Berbeda dengan minggu pertama, kegiatan belajar bersama ini diikuti tidak kurang dari 20 anak, dengan banyaknya minat siswa yang mengikuti kegiatan ini kami pun merasa bangga disamping bisa berbagi ilmu pengetahuan juga kami bisa mengakrabkan diri dengan anak-anak di Desa Gedangan. Tidak jarang karena keakraban, setiap kami bertemu/ berbapasan anak-anak sudah menganggap kami sebagai Kakanya dengan cara menyapa, atau bahkan bercanda bersama tentang materi yang kita pelajari pada malam harinya.
Disamping kegiatan belajar bersama di Posko KKN setiap malamnya, kami juga mulai minggu kedua ini menjalankan program jam tambahan belajar di SDN Gedangan, kegiatan ini dilakukan setiap hari setelah anak SD pulang sekolah pukul 13.00 – 15.00. Peserta KKN dibagi menjadi tiga kelas yaitu kelas 3, 4, dan kelas 5. Materi pelaraan yang diberikan di setiap Kelas adalah materi yang sesuai dengan bidang keilmuan masing-masing perserta KKN. Untuk menambah semangat anak-anak SD yang ikut serta dalam jam tambahan belajar ini, kami memberikan banyak permainan edukasi serta pemberian hadian bagi yang bisa menjawab soal yang diberikan kami diakhir jam tambahan belajar. walaupun kami belum terbiasa dengan kondisi anak-anak SD yang tidak semuanya bisa berdiam menyimak pelajaran yang kami sampaikan, namun itu dijadikan sebagai tantangan kami untuk mendisiplinkan mereka dengan cara yang mudah mereka terima.
 Kegiatan kami lainnya adalah melakukan sosialisai pelaksanaan pemilu Bupati kepada warga dengan cara mengunjungi setiap rumah yang dilaksanakan selama dua hari sebelum hari H pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) Bupati Jepara Periode 2012-2017. Kemudian pada hari H pelaksanaan pemilu, kami dari tim KKN Undip dibagi mejadi 3 TIM sesuai dengan jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Desa Gedangan. Kebanggaan bagi kami ketika Panitia Pemulu menyambut kedatangan kami di setiap TPS dengan tidak sungkan untuk berbicara dan bekerja sama dalam pelaksanaan pemungutan suara. Sehingga kami merasa sudah tidak ada kecanggungan di atara kami sebagai pendatang dengan warga/ masyarakat di Desa Gedangan.
Selain kegiatan mensukseskan kegiatan pemilu, kegiatan lainnya adalah pengecetan larangan pengijingan makan yang secara langsung program ini telah diajukan oleh Petinggi Desa kepada kami. Program pengecetan ini merupakan upaya dari aparat Desa untuk mesosialisaikan Peraturan Desa (Perdes) tahun 2010 tentang larang pengijingan makan di Desa Gedangan. serta ikut serta dalam pelaksanaan Posyandu bagi warga Lanjut Usia (lansia) yang dilaksanakan pada hari Jumat tanggal 3 Februari 2012 di balai Desa Gedangan
Kegiatan kami lainnya adalah memersiapakan berbagai macam keperluan serta rapat pelaksanaan kegiatan yang akan kami lakukan pada hari/ minggu-minggu selanjutnya. Pada minggu kedua ini, disamping kami sudah dekat dengan warga/ masyarakat Desa gedangan juga terjalin keakraban dari masing-maing peserta KKN yang berjumlah 10 orang dengan latar belakang keilmuan, sifat, dan asal yang berbeda. Sehingga kami dalam menjalankan setiap perogram yang kami rencanakan dilaksanakan dengan penuh kerjasama dan kekeluargaan.

0 komentar: