3 Hari 3 Malam di Kota Hujan

By Agus Nurul K - 10:06 PM

Tugu Kujang
Periode cuti bulan ini selain sempat mampir di kota malang, berkesempatan juga mengunjungi kota Bogor.

Perjalanan dimulai jumat pagi dari Tasik (28.10.16) naik motor sampai terminal leuwipanjang dengan perjalanan 3.5 jam via Singaparna-Garut. Sempat bingung untuk penitipan motor, awalnya akan dititip di teman, tp tidak efisien karena harus naik kendaraan umum lagi. Tp setelah digoogling ternyata di terminal leuwipanjang ada tempat penitipan motor. Kita tinggal masuk di pintu depan kantor terminal (bukan pintu msuk jalur bis), tepat di depan jln. Soekaro Hatta. Kita tinggal tanya petugas yg berjaga di gerbang. Untuk tiket penitipan selama 2 hari 20rb.

Perjalanan dilanjut menggunakan bis, saat masuk terminal, ternyata trayek Bandung-Bogor ada 3 PO yg bisa kita pilih, biasanya mereka akan antri. Saya dr awal sdh memutuskan naik bis PO MGI (info di internet lebih nyaman), dan memang betul dengan deret kursi 2x2 dan AC membuat perjalanan le kota hujan ini semakin asik. Oh ia, tiketnya 65rb via TOL Cipularang. Karena hari jumat saya berangkat setelah jumatan pukul 14.00. Sebetulnya ada keinginan perjalanan ke Bogor pakai motor via puncak, namun karena musim penghujan dan jarak tempuh yang lumayan jauh ahirnya untuk sementara pakai motor cuma sampai Bandung 😀.

Nah, setelah melewati Tol Cipularang-Jagorawi ahirnya sampailah di Terminal Baranangsiang pukul 18.00 (4 Jam).

Tujuan selanjutnya adalah ke penginapan "Hostel bogir" di Jl. Narasoma 3. Perjalan dilanjut menggunakan angkot 08, bukan 08A ya (Sesuai arahan mr. Google), dan naiknya dari Tugu Kujang (jadi harus jalan dulu 😀 sekitar 10mnt dari terminal). Perjalaan dr Tugu ke penginapan sekitar 23mnt lumayan lama karena naik angkot. Sarannya mending naik Gojek atau Grabe karena homestay ini ada di dalam komplek perumahan.
Sebelum pulang ckreek dulu di halaman Hostel Bogor
Oh ia, tujuan utama di bogor adalah untuk mengikuti Workshop APKPI (Asosiasi Profesi Keselamatan Pertambangan Indonesia) yang lokasinya di Saung Dolken Resort, Cimahpar selama dua hari (Sabtu-Minggu). Karena kebetulan istri juga ikut jadi selama mengikuti acara APKPI ini saya tidak menginap di Saung Dolken tetapi tetap di Homestay. Biaya permalamnya 200rb. Saya kira dengan budget ini pelayanan, kondisi dan lokasinya cukup bagus (silahkan cek di situsnya hostelbogor.co.id).

Selesai acara (Hari minggu) saya memutuskan untuk tidak langsung pulang, namun menginap lagi agar besoknya bisa keliling dulu kota bogor di sekitar Kebun Raya Bogor.

Saat pulang, dari penginapan saya coba pakai GoCar ke Kebun Raya dengan tarif 16rb Dan perjalanan sekitar 7mnt. Awalnya saya kira dengan jarak yang pendek ga akan ada moda online ini yang mau, ternyata setelah menunggu sekitar 10mnt orderan GoCar datang.
Kebun Raya Bogor
Selesai keliling Kebun Raya, kamipun menuju terminal menggunakan angkot 06 di depan gerbang utama. Informasi Scurity dari kebun raya ke terminal bisa menggunakan angkot 06 dan 13. Perjalanan Bogor Bandung menggunakan PO. Merdeka Dengan tiket sama 65rb. Kondisi bis AC Dan kursi 2x2.

Demikian perjalanan singkat di kota hujan ini, kebetulan lagi musim hujan juga jadi tiap sore di Bogor hujan terus, untung sama istri 😊😊😊