Perjalan Cuti Berau - Malang - Tasik

By Agus Nurul K - 5:27 AM

Cuti merupakan satu dari dua hal yang paling ditunggu karyawan tambang seperti kami, satu halnya lagi adalah gajian hahah.



Perjalan cuti periodik kali ini sedikit berbeda. Karena sebelum sampai tujuan akhir di Tasik, harus mampir dulu di Malang untuk jenguk adik yang lagi kuliah di UMM.

Berikut rute perjalanannya Berau - Balikpapan - Surabaya - Malang - Tasik.

Perjalanan dimulai pukul 07.00 WITA dari bandar udara Kalimarau Berau menggunakan Wings Air untuk transit dan ganti pesawat di Balikpapan menuju Surabaya.

Tiket pesawat Berau - Surabaya tidak begitu sulit selain mudah dicari via online juga tiket cuti PP sdh disediakan oleh Perusahaan (Alhamdulillah).

Perjalanan dari Surabaya - Malang - Tasik lah yang harus kita persiapkan jauh jauh hari. Tanya teman atau Googling untuk mengetahui moda transportasi apa yg murah, mudah, efisien, dan tentunya aman nyaman.

Setelah berbagai sumber dipelajeri akhirnya diputuskan setelah landing di Bandar udara Juanda Surabaya perjalanan selanjutnya menggunakan Bus Damri trayek Juanda -Terminal Bungurasih dengan harga tiket 25rb.

Sebelum naik bis Damri sempat nanya di loket travel Surabaya - Malang ternyata harga paling murah 275rb (muahal banget).

Tiket Bis Damri bisa dibeli di loket, atau bisa juga langsung beli di dalam bis. Saat keluar di pintu kedatangan kita tinggal lurus dan biasanya bis Damri sudah ngetem menunggu penumpang tujuan Terminal Bungurasih.

Sampai di terminal, kita tinggal jalan ikuti Rambu informasi pemberangkatan Bis. Saya baru pertama kali datang ke terminal ini, namun berusaha untuk tidak bertanya selain ke petugas untuk menghindari calo.

Saat mengikuti rambu arah "Pemberangkatan Bis AKAP" tepat di depan pintu keberangkatan ada petugas yang memberi info bis jurusan Malang berada di depan tangga. Dan benar saat turun tangga setiap bis sudah parkir sesuai dengan papan informasi yang terpampang di atas area parkir.

Perjalanan dari terminal Bungurasih ke Malang saya menggunakan bis cepat PO Dana Dhasih dengan harga tiket Rp. 25rb dan waktu perjalanan sekitar 1,5 -  2 jam.
Sampai di terminal Arjosari Malang saya dijemput adik untuk menginap di kos sekitar kampus UMM.

Keesokan harinya baru perjalanan Malang Tasik menggunakan Kereta Api Malabar. Pemberangkatan pukul 16.00 di stasiun malang dan tiba di Tasik pukul 05.25 (-/+ 14jam). Tiket Ekonomi KA Makasar ini saya dapat 160rb. Harga ini terbilang murah. Untuk mendapatkan tiket yang relatif murah sebaiknya kita pesan jauh-jauh hari.

Tiket perjalanan Malang Tasik ini sudah saya pesan 2 minggu seblum keberangkatan via Indomart (nitip sama adik). Memang, pengalaman saya untuk booking tiket KA via online ini masih susah, bebagai situs penyedia booking tiket Selalu full, begitupun di situs resminya kereta-api.co.id full juga, padahal saya cari 2 minggu sebelum keberangkatan.

Untuk tiket KA Malabar saran saya sebelum memutuskan booking, liat dulu perbedaan harga tiap klassnya. Karena kalau kita booking jauh-jauh hari harganya bisa kita pertimbangkan. Kemarin adik via indomart Klaas Bisnis 275rb, Ekonomi 160rb. Kalau punya budget lebih saya kira mending ambil yang bisnis. Karena harga ini sama dengan harga kelas ekonomi kalau kita belinya mendekati hari keberangkatan. Seperti penumpang di samping saya Rute Malang-Bandung kena harga tiket ekonominya 260rb. Harga yang tidak begitu jauh bukan? Dan saya pun menyesal.. Heheh

Namum tetep alhamdulillah perjalanan ini berjalan lancar dan melelahkan.

  • Share:

You Might Also Like

0 comments