Berau - Tasik via Balikpapan dan Jogja

By Agus Nurul K - 10:40 PM

Stasiun Tugu, Jogja
Perjalanan pulang kampung, baik itu pada saat mudik atau cuti periodik bagi setiap orang pasti menginginkan perjalanan yang cepat, aman, dan nyaman. Apalagi Bagi perantau yang kerjanya beda pulau.

Bersyukur bagi perantau yang rumahnya di kota besar (dekat dengan bandara) pilihan sarana mudik/cuti tidak akan susah. Nah bagi perantau yang rumahnya jauh dari bandara/bandarnya kecil biasanya akan  memerlulan waktu tempu perjalanan lebih lama karena harus melanjutkan perjalana darat. Seperti halnya saya yang kerja merantau di Berau dan harus cuti ke kota kelahiran, Tasikmalaya.
Pintu keluar Bandara Adi Sucipto
Biasanya perjalanan dari Berau-Tasik via Jakarta menggunakan pesawat Sriwinaya/lion yang nantinya akan dilanjutkan perjalanan menggunakan bus/kereta api.

Setelah hari raya Idul Fitri 1440 H. (2019 M) ternyata ada perubahan waktu kedatangan dari kedua maskapai di atas untuk rute Berau - Jakarta. Biasanya waktu tiba di jakarta 10.00 dan jam 10.30. Setelah ada perubahan waktu kedatangan sekarang diatas jam 14.00. Ditambah perjalanan darat, sampai Tasik pasti diatas jam 20.00. Perjalanan yang melelahkan. Belum lagi kondisi tol yang sekarang sering macet.

Karena kondisi perubahan itu coba cari opsi perjalanan terdekat dan tercepat ke Tasik. Opsi terdekat lewat  bandara baru Kertajati, Majalengka. Perjalanan darat Majalengka-tasik sekitar 3 jam. Namun pesawat rute Berau-Balikpapan-Kertajati yang connect waktu tibanya jam 18.00 + 3 jam jalan darat, opsi ini kurang baik.

Coba cari-cari opsi menggunakan pesawat sriwijaya berau-balikpapan-jogja yang waktu tiba di jogja pukul 10.00. Sepertinya Ini opsi perjalanan terbaik.
Kondisi di dalam kereta Argo Wilis
Tinggal mencari moda transportasi darat, bis atau kereta. Untuk bis banyak, namun pilihannya hanya pagi dan sore (Opsi masih kurang bagus). Sehingga coba cari pakai kereta api.  

Kereta Jogja-Tasik banyak pilihan, tinggal menyesuaikan waktu kedatangan pesawat. Agar tidak lama transit, coba cari kereta dengan keberangkatan dari Jogja jam 11.00 - 14.00. Ternyata ada Argo Wilis jam 11.25-16.00 (Berangkat dari stasiun Yogya/Tugu), dan Pasundan 14.10 -19.38 (Stasiun Lempuyangan). Argo Wilis Eksekutif, Pasundan Ekonomi.

Kereta Jogja-Tasik
Karena faktor kenyaman dan waktu perjalanan yang lebih cepat saya coba piliah Argo Wilis. Namun jeda waktu yang pendek dari kedatangan pesawat dan keberangkatan kereta, memesan tiket jauh-jauh hari merasa was-was karena takut tidak keburu, juga takut pesawat delay.

Ahirnya saya tetap coba beranikan untuk ambil opsi ini. Sambil cari2 lama waktu tempu dari Bandara Adi Sucipto ke Stasiun Tugu. Ternya pakai gojek waktu tempuh antara 25-30 menit, perhitungan saya masih masuk walaupun harus cepat2 saat keluar bandara. Dan berdoa agar pesawat tidak delay. Tarip gojek Bandar Adi Sucipto - Stasiun tugun 24.000.

Untuk sekarang pemilihan moda transportasi Berau-Tasik via Balikpapan dan Jogja adalah opsi yang terbaik. Selain waktu tempu lebih cepat, juga kemanan dan kenyaman selama perjalanan. Dijamin selama perjalanan pakai kereta tidak akan bosan. Karena akan banyak pemandangan bagus yang kita lewati di setiap kotanya.

Berikut Waktu perjalanan Berau - Tasik via   Balikpapan dan Jogja:
  1. Berau - Balikpapan, Sriwijaya : 07.25 - 08.20 WITA. Transit 50 Menit
  2. Balikpapan - Jogja, Sriwijaya 09.10 Wita - 09.55 WIB.
  3. Bandara Adi Sucipto - Stasiun Tugu 25 Menit. 
  4. Stasiun Tugu - Tasik, Argo Wilis : 11.25 - 16.00

Pemberhentian kereta Argo Wilis (dari stasiun tugu) :
1. Kutoarjo 12.18-12.25
2. Kroya 13.30 - 13.45
3. Bnjar 15.09 - 15.20
4.Tasik 16.07 - 16.21

Bagi para perantau selamat menikmati pengalaman di setiap perjalanan pulang kampunya. 

Selalu hati-hati. Semoga perjalannan selalu cepat, aman, dan nyaman. 😁
#PERANTAU 😎

  • Share:

You Might Also Like

0 comments