Fokus Pada Pertanyaan

By Agus Nurul K - 4:18 AM


Mampuan berkomunikasi atau menyampaikan gagasan dengan baik adalah salah satu shoft skill yang harus kita miliki, baik pada saat bersosialisasi di masyarakat maupun berinteraksi saat kita kerja.

Namun, sering kali pada saat kita menyampaikan pendapat atau pada saat menyampaikan materi persentasi terdapat pertanyaan/ umpan-balik dari lawan bicara kita (apalagi posisinya lebih tinggi dari kita), biasanya kita akan gagap/ tidak bisa menyampaikan jawaban dengan baik (mutar-mutar, jauh dari inti pertanyaan).

Seperti yang pernah saya alami saat ditanya oleh PJO kami, Pak Putra. Karena jawab saya mutar-mutar beliau menyampikan "fokus pada pertanyaan", kemudian beliau mengulang pertanyaan/ pendalaman pada materi yany saya sampaikan sebelumnya.

Sejak saat itu, saya selalu berusaha memahi dan fokus pada pertanyaan yang disampailan lawan bicara. Serta, tentu kita harus mempelajari materi yang akan kita sampaikan dan berusaha untuk memahami isu-isu yang lagi hangat dibahas di lingkungan kerja kita.

Satu lagi yang biasa saya coba pelajari adalah dengan menperhatikan saat orang lain menjawab pertanyaan dari lawan bicaranya. Biasanya kita akan takjub saat jawabannya tepat dan di luar dari apa yang kita pikirkan.

#leaderstalk

  • Share:

You Might Also Like

0 comments