SEMARAK UPACARA PEMBUKAAN BULAN K3 2017 BUMA BINSUA

By Agus Nurul K - 6:57 PM



Pada Hari Rabu, 18 Januari 2017, PT. Bukit Makmur Mandiri Utama Jobsite BINSUA melaksanakan upacara pembukaan BULAN K3 NASIONAL 2017. Acara pembukaan ini dilaksanakan di Area Mega Shop yang dihadiri oleh perwakilan dari setiap section dan perwakilan Management PT. Berau Coal serta Management PT. Bukit Makmur Mandiri Utama Jobsite BINSUA.

Rangkaian upacara pembukaan dimulai dengan menyiapkan barisan oleh pemimpin upacara, kemudian pembacaan Janji BeGeMS PT. Berau Coal, dan menyanyikan Lagu Indonesia Raya oleh seluruh peserta. Acara selanjutnya adalah sambutan dari Management PT. Bukit Makmur Mandiri Utama Jobsite BINSUA Oleh Bapak Didik Suharsono selaku Project Manager. 


Bapak Didik Suharsono dalam sambutannya menyampaian mengenai sejarah singkat perayaan Bulan K3 Nasional, serta komitment dalam membangun Budaya K3 oleh PT. Bukit Makmur Mandiri Utama, terutama di Jobsite BINSUA. Beliau berharap, dengan adanya peringatan bulan K3 ini, seluruh insan BUMA dapat bersama-sama meningkatkan kepedulian terhadap K3, sehingga pada tahun 2020 setiap Insan BUMA dapat secara mandiri berkomitmen dalam Budaya K3. Selain hal tersebut, Beliau menyampaikan tentang bahaya narkoba terhadap pekerja tambang yang dapat merusak mental, ekonomi, serta kesehatan. Beliau menegaskan tentang larangan menggunakan narkoba di lingkungan perusahaan, khususnya di PT. Bukit Makmur Mandiri Utama.

Sambutan selanjutnya dari Management PT. Berau Coal yang disampaikan oleh KTT Berau Coal yang diwakili oleh Bapak Nanang NC, WKTT BMO 2 (Binungan Mine Operation). Bapak Nanang NC menyampaikan kebanggaan dan penghargaan kepada PT. Bukit Makmur Mandiri Utama Jobsite BINSUA yang secara mandiri selalu melaksanakan perayaan Bulan K3 setiap tahunnya. Beliau menambahkan, tahun 2017 adalah tahun yang penuh tantangan. Sehingga beliau berharap performance yang sudah dicapai PT. Bukit Makmur Mandiri Utama Jobsite BINSUA pada tahun 2016 semakin ditingkatkan dengan cara bersama-sama berkomitmen terhadap budaya K3 dan meningkatkan produktifitas dalam bekerja.   



Setelah sambutan dari pihak Management BUMA dan PT. Berau Coal, dilanjutkan seremoni pembukaan Bulan K3 Nasional 2017 PT. Bukit Makmur Mandiri Utama Jobsite BINSUA dengan pemotongan tumpeng Oleh Bapak Nanang NC yang diserahkan kepada Bapak Didik Suharsono. Bapak Sugeng Harianto selaku Superintendent SHE ikut pula menyampaikan rangkaian kegiatan Bulan K3 2017. Beliau menyampaikan sesuai dengan semangat tema Bulan K3 Nasional 2017: “Dengan Budaya K3 Kita Tingkatkan Kualitas Hidup Manusia Menuju Masyarakat Yang Selamat, Sehat, dan Produktif”. Beberapa rangkaian kegitan yang dapat diikuti oleh seluruh karyawan yaitu, Lomba SHE Talk, Cerdas Cermat, Housekeeping, Video K3LH, Fotografi K3, Lomba Desain Spanduk K3, Best Captain Zero Harm, Donor Darah, BUMA Goes to School, Seminar K3, Penanaman Pohon, dan Defensive Driving Course.


Pembukaan Bulan K3 ini juga dimeriahkan dengan adanya Emergency Drill oleh ERT BUMA Jobsite BINSUA. Skenario yang diperagakan adalah adanya laporan dari Pengawas di PIT terjadi kecelakaan yang menyebabkan Operator HD pingsan di dalam kabin. Selanjutnya, Sdr. Nauval Lukmana sebagai Captain ERT, langsung merespon dengan mengarahkan anggota ERT yang berjumlah 4 orang untuk melakukan pertolongan kepada korban.  Setelah pertolongan pertama dilakukan Korban diturunkan dari Unit HD dan dibawa ke STD UKK menggunakan ambulance.

Semua peserta upacara terlihat antusias dengan Emergency Drill ini. Dengan Narasi yang disampaikan, peserta upacara dibawa dalam suasana yang sangat menegangkan. Ketika korban berhasil dievakuasi terlihat kekaguman dari peserta dengan standing applause kepada ERT BUMA Jobsite BINSUA yang sigap dalam menangani korban.

      
Upacara Pembukaan ini merupakan kegiatan awal, masih ada  12 kegiatan akan dilakukan dalam Semarak Bulan K3 Nasional 2017 PT. Bukit Makmur Mandiri Utama Jobsite BINSUA yang akan berlangsung sampai dengan 15 Februari 2017.

Semoga dengan Semarak Perayaan Bulan K3 Nasional 2017 PT. Bukit Makmur Mandiri Utama Jobsite BINSUA, menjadikan kita sebagai Insan BUMA yang selalu berkomitmen dalam membentuk budaya K3 sehingga kita menjadi masyarakat yang selamat, sehat, dan produktif. (ANK)

  • Share:

You Might Also Like

0 comments