10 Penyebab Komunikasi Tidak Efektif

By Agus Nurul K - 3:38 PM

Pengawas adalah pihak paling depan dalam menyampaikan berbagain informasi di lingkungan kerja, baik informasi terkait operasional maupun terkait keselamatan kepada seluruh pekerja. Namun masih sering informasi tidak tersampaikan dengan baik karena kurangnya kemampuan berkomunikasi.

Salah-satu upaya untuk meningkatkan kemampuan komunikasi pengawas, di lokasi kerja kami diadakan training dengan tema "Komunikasi K3 Efektif dalam Membangun Sinergi" yang disampaikan langsung oleh Pak Anrio Mafrizal (Psikolog Mental Coach Indonesia).

Beliau menyampaikan "bahwa Komunikasi yang efektif itu saat lawan bicara kita melaksananakan respon yang kita inginkan".

serta menyampaikan: Ada beberapa sebab/ hambatan yang harus kita kenali, kenapa komunikasi kita tidak efektif, diantaranya :

1. Bahasa
Penggunaan bahasa yang tidak tepat akan menghambat informasi tersampaikan secara utuh.
Berkomunikasi dengan mengunaan bahasa yang mudah dimengerti, sampaikan dengan penuh etika, hormati lawan bicara kita.

2. Kepercayaan diri kurang
Hilangkan rasa sungkan, merasa tidak enak saat berkomunikasi karena menggap lawan bicara kita lebih senior, lebih berpengalaman. Posisi jabatan yang kita emban adalah amanah dan kepercayaan dari perusahan (atasan kita) bahwa kita mampu menjalankan tugas sebagai pengawas.

5. Perilaku
Perilaku kita yang kurang baik, tidak sejalan dengan apa yang kita sampaikan akan menjadi penghambat informasi bisa diterima dan dilakukan.
Perbaiki perilaku saat kita diangkat menjadi pengawas, perbaiki akhlak. Pengawas harus menjadi contoh yang baik.

6. Kurangnya referensi informasi
Pelajari materi/ bahan yang akan kita sampaikan. banyak belajar, banyak membaca agar wawasan kita semakin luas.

7. Kurang mendengarkan
Fahami setiap masukan yang disampaikan lawan bicara kita. Jadilah pendengar yang baik, agar saat ada umpan-balik akan terjalin komunikasi yang lebih terbuka.

9. Kurang dicintai, Kurang dihargai.
Selalu berusaha untuk dekat dengan lawan bicara kita. Berikan apresiasi saat ada perilaku yang baik, selalu coba membantu apabila ada masalah. Sehingga akan merasa diperhatikan, dan akan timbul usaha untuk memberikan yang terbaik saat bekerja.

10. Lingkungan kerja.
Tumbuhkan budaya kekeluargaan di dalam lingkungan perusahaan, saling membantu sehinga akan akan terjalin keterbukaan antar pekerja.

Semoga materi tentang Komunikasi yang Efektif ini bisa kita sama-sama pelajari dan terapkan, agar tercipta komunikasi yang lebih terbuka "More Open Communication" di lingkungan kerja kita. Menciptakan operasional aman dan selamat.

#Communication
#Coaching

  • Share:

You Might Also Like

0 comments