KOMUNIKASI YANG EFEKTIF

By Agus Nurul K - 6:09 AM



Salah-satu usaha yang dapat kita lakukan untuk mencapai operasional yang aman dan selamat adalah melalui program campaign keselamatan. Seperti pada saat breafing, safety talk, atau melalui pertemuan antara atasan dengan bawahan.

Namun sering kali program campaign tersebut belum sepenuhnya dijalankan dengan baik dalam aktivitas kerja, sehingga masih ditemukan adanya perilaku dasar tidak aman, yang dapat berpotensi menyebabkan terjadinya kecelakaan.

Hal ini pernah disampaikan oleh Pak Bayu (Manager SHE). Beliau menyampaikan terkait seberapa efektif komunikasi/ campaign keselamatan dalam membentuk perubahan perilaku. Penyebab campaign yang sudah kita lakukan tidak efektif, bisa jadi karena metode komunikasi yang kita gunakan kurang tepat.

Kemudian beliau mengajak kami menyimak rekaman video terkait materi komunikasi yang efektif. Pada rekaman video, pemateri menyampaikan bahwa "Komunikasi yang efektif itu ketika lawan bicara kita melaksanakan respon yang kita inginkan".

Pada rekaman video tersebut yang saya dapatkan, terdapat 3 cara agar komunikasi kita efektif. Sehingga program campaign yang kita lakukan dapat dimengerti dan diteraplan oleh lawan bicara kita, yaitu :

1. Thinking.
Pelajari karakter lawan bicara, kita berusaha untuk mengajak lawan bicara dalam 1 frekuensi pemikiran, libatkan dalam pembahasan materi. Sehinga lawan bicara kita akan tertarik untuk menyimak/ mendiskusikan materi yang kita sampaikan.

2. Feeling
Sentuh lawan bicara kita secara personal. Sehingga akan timbul rasa dan keyakinkan bahwa materi yang kita bahas bermanfaat/ berpengaruh dalam aktivitas kerjanya.

3. Physic
Mengajak peserta untuk terlibat langsung secara fisik, seperti dengan melakukan simulasi/ memperaktekan materi yang kita sampaikan. Agar materi yang disampaikan akan selalu diingat dan mudah untuk dilaksanakan.

Terakhir Pak Bayu memberikan arahan untuk menjadi pemimpin yang berpengaruh, melalui komunikasi yang efektif.

#leadersTalk
#Safety
#Pertambangan

  • Share:

You Might Also Like

0 comments