FAMILY TOUR KELUARGA KARYAWAN BUMA BINSUA

By Agus Nurul K - 3:28 AM


Binungan, 19 Februari 2023 telah dilaksanakan Program Family Tour dengan mendatangkan 20 Keluarga karyawan ke Area Operasional BUMA Binsua. Pada kegiatan ini keluarga karyawan dapat melihat langsung kegiatan operasional tambang di area PIT E, Live Observasi menggunakan DMS (Driving Monitoring System), kontak positif dengan suami, serta pelaksanaan seminar Kesehatan keluarga.

Keluarga dan anak-anak sangat antusias saat melihat operasional tambang serta berkesempatan melihat langsung aktivitas suami saat mengoperasikan unit HD melalui live monitoring DMS. Kemudian melakukan kontak positif dan menyampaikan pesan keselamatan untuk selalu hati-hati dalam bekerja, menggunakan seat belt, dan melapor kepada pengawas saat sudah merasa mengantuk.

Setelah melihat operasinal tambang, keluarga karyawan mengikuti seminar kesehatan yang dilakukan di R. Training Office LC KM 1. Kegiatan seminar dimulai dengan pembukaan oleh Bapak Agung Indriatmoko (Manager Produksi). Bapak Agung Indriatmoko berharap dengan kegiatan Family tour ini dapat meningkatkan peran serta keluarga sebagai agen keselamatan, yang dapat membantu karyawan/ suami menjaga pola istirahat yang baik dan memotiviasi untuk terus meningkatkan kinerja.

Selesai pembukaan, dilanjutkan dengan pemutaran rekaman video alert Fatigue dari DMS. Kemudan penyampaian materi fungsi dan manfaat DMS oleh Bapak Bayu Luh Triono (Manager SHE Area Berau). Bapak Bayu Luh Triono menyampaikan perusahaan telah berinvesasi yang sangat besar dalam penerapan teknologi DMS ini. Penerapan DMS diharapkan dapat menggantikan peran keluarga/ Istri pada saat karyawan mengoperasikan unit. Karena dengan kecaggihannya, DMS mampu mendeteksi dan mengingatkan operator apabila terjadi kondisi mengantuk, menggunakan telepon, dll.


Materi kedua disampaikan oleh Hendra (Paramedik) terkait dengan penyebab terjadinya fatigue serta pencegahan yang dapat dilakukan mulai dari aktivitas di rumah. Materi terakhir disampaikan oleh Zainul Arifin (Supervisor HR) keterkait dengan hak dan kewajiban karyawan selama aktif bekerja di BUMA.

Menutup kegiatan Family tour dilakukan penandatanganan komitmen Agen keselamatan keluarga yang diikuti oleh seluruh istri karyawan, Serta penyampaian juara pesan keselamatan dari Anakna Natalia Anton P anak dari Anton Panggelo (Operator HD) dan Yuni Eirin anak dari Lutter Kotto (Opr HD)

Semoga kegiatan Family tour ini dapat meningkatkan peran serta keluarga  dalam pengelolaan fatigue management, kedisiplinan, dan kinerja karyawan sehingga terwujub operasional yang Selamat, sehat, dan produktif. ANK

 

 

 

  • Share:

You Might Also Like

0 comments