MEMIMPIN ITU TIDAK HARUS MENJADI PEMIMPIN

By Agus Nurul K - 3:02 AM

"Memimpin itu tidak harus menjadi pemimpin", salah satu pesan yang disampaikan oleh Pak Putra (PJO) dalam Closing Ceremony Best Award BUMA Site Binsua, 7 Juli 2023.

Pak Putra menerusakan pesan itu dengan sebuah cerita seorang anak kecil yang sedang berusaha mendorong kayu yang melintang di jalan dengan ukuran kayu lebih besar dari tubuhnya, sementara yang lain sama-sama diam saling menunggu ada yang memindahkan kayu tersebut. Sesaat kemudian baru ada 1, 2 orang tergerak, dan akhirnya semua bersama-sama bergerak memindahkan kayu yang melintang.

Pelajaran dari cerita di atas, walaupun pada awalnya suatu kemustahilan anak kecil dapat memindahkan batang pohon yang lebih besar darinya, tetapi dengan memulai sebagai orang pertama yang berusaha memindahkan kayu, maka dengan sendirinya mampu menggerakan orang lain bersama-sama memindahkan kayu yang melintang di jalan tadi.

Usaha apapun yang bisa kita lakukan untuk mengajak orang di sekitar berbuat baik, walaupun dalam lingkup kecil adalah bagain dari memimpin. Seperti saat seorang operator/ mekanik berusaha disiplin dalam bekerja dan mengajak yang lain untuk mentaati prosedur.

Pak Putra menutup, tahapan yang sudah dilewati sampai saat ini semoga menjadi pengalaman dan pelajaran untuk terus berusaha memberikan yang terbaik lebih dari yang harapkan/ Striving to be the best, sesuai tema Best Award 2023.

#Leadership

  • Share:

You Might Also Like

0 comments