Alur Proses & Biaya Mutasi dan Balik Nama Kendaraan tahun 2024

By Agus Nurul K - 3:07 AM

Kemarin, Senin, 12 Agustus 2024, saya baru saja menyelesaikan proses mutasi dan balik nama kendaraan (Mobilio tahun 2015) dari Kabupaten Bandung ke Kabupaten Tasikmalaya. Awalnya, saya berencana melakukan mutasi dan balik nama pada bulan Agustus tahun lalu (2023) di Samsat Kabupaten Tasikmalaya. Rencana itu muncul saat saya membayar pajak 5 tahunan motor dan melihat spanduk "Promo Kemerdekaan Bebas Biaya Balik Nama". Segera setelah itu, saya mengurus berkas mutasi ke Samsat Kabupaten Bandung di Rancaekek. Setelah pengecekan fisik kendaraan dan kelengkapan berkas mutasi, saya diminta menunggu sekitar 2 bulan untuk mengambil kembali berkas mutasi.

Karena mengira promo serupa akan diadakan setiap tahun, saya memutuskan untuk menunda proses mutasi di Samsat Kabupaten Tasikmalaya hingga bulan Agustus tahun ini. Namun, ternyata di tahun 2024 ini tidak ada lagi promo bebas biaya balik nama. Karena terlanjur prosesnya sudah setengah jalan, akhirnya saya tetap lanjut. karena data kendaraan dari Samsat asal sudah dicabut, otomatis kita tidak bisa memperoses pembayaran pajak tajunannya.

Berikut adalah rincian biaya dan alur proses mutasi dan balik nama yang saya alami di Samsat Kabupaten Tasikmalaya:

Kendaraan : Mobilio tahun 2015
Waktu yang diperlukan kemarin sekitar 3,5 Jam (jam 09.00 - 13.30, kepotong istirahat 1 jam). 
Untuk proses pembayaran biaya mutasi di loket kasir bisa pakai uan tunai/ QRIS (ini yang sudah sangat baik, jadi kita bisa transfer dari rekening bank manapun)

Semoga bermanfaat.









  • Share:

You Might Also Like

0 comments