4 Tips Persiapan Audit: Tips dari Praktik Lapangan

By Agus Nurul K - 5:35 PM


Pelaksanaan Audit merupakan agenda wajib yang  dilaksanakan secara rutin minimal 1 tahun sekali. Seperti pelaksanaan Audit internal SMKP yang wajib dilakukan oleh perusahaan IUP (Ijin Usaha Pertambangan) & Perusahaan IUJP (Ijin Usaha Jasa Pertambangan.

Meskipun Audit Internal merupakan agenda rutin, seringkali ada beberapa kendala non-teknis yang dapat menghambat pelaksanaannya.

Berikut beberapa tips yang biasa saya siapkan sebelum audit :


1. KONFIRMASI

Meskipun jadwal pelaksanaan audit telah disampaikan pada saat Opening Meeting, melakukan konfirmasi ulang kepada auditee tetap harus kita lakukan, Agar auditee dapat mempersiapkan hal-hal yang dibutuhkan dalam pelaksanaan Audit. Persipaan di sini bukan berarti mempersiapkan (mengada-ada) bukti setiap krieria Audit. Karena pada prosesnya tetap akan dilakukan verifikasi keakuratan/ derajat kepercayaan dari setiap bukti yang disampaikan auditee.


 2. PELAJARI CHECKLIST/ KRITERIA AUDIT

Keterbatasan waktu dalam pelaksanaan audit (sesuai dengan Mandays) mengharuskan kita melakukan audit secara efektif & efisien. Mempelajari kembali kriteria audit atau persyaratan yang harus terpenuhi akan memudahkan dalam menentukan sample/ objek audit sehinga hasil audit akan menggambarkan konsistensi pelaksanaa sebuah sistem management.

 

3. SIAPKAN SARANA PENUNJANG

Pendokumentasian hasil audit (kesesuaian/ ketidaksesuaian) merupakah bagian yang sangat penting. Selain mempersiapkan laptop, checklist audit, dan APD, penting juga untuk mempersiapkan HP/ kamera dengan baterai penuh, sinyal/ WIFI, clipboard, dan sarana transportasi.


 4. KOMUNIKASI

Selain persiapan sebelum audit, cara berkomunikasi dengan auditee sangat penting. Audit bukan semata-mata untuk menemukan ketidaksesuaian, tetapi sebagai salah satu cara untuk mendorong auditee memahami persyaratan yang harus dipenuhi dari setiap kriteria audit. Dengan demikian, hasil audit akan menjadi bekal auditee untuk melakukan perbaikan sistem yang berkelanjutan.

 Semoga bermanfaat.

Artikel lainnya dapat diakses di blog saya : www.agusnurul.blogspot.com

 

#AuditSMKP

#InternalAudit

#Compliance

#ManusiaBUMA


  • Share:

You Might Also Like

0 comments