SPIRITUAL COMMITMENT DALAM BUDAYA K3

By Agus Nurul K - 11:45 PM


Pada hari Kamis, 12 Januari 2023 mengikuti secara virtual Pembukaan Peringatan Bulan K3 Nasional 2023 yang diselenggarakan oleh DITJEN MINERBA - ESDM.

Salah satu agenda dalam pembukaan Bulan K3 adalah penyampaian materi oleh Bapak Iman Herdimansyah (ESQ Training) tentang Leadership dalam Budaya K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja).

Selama ini banyak dari kita sebagai pekerja tambang, khususnya Bagian K3 memiliki motivasi dan mencoba membangun kesadaran penting budaya K3 melalui :

1. INTELLECTUAL COMMITMENT
Melaksanakan budaya K3 untuk keselamatan diri sendiri agar keberlangsungan tugas dan tanggungjawab tetap terjaga.

2. EMOTIONAL COMMITMENT
Melaksanakan budaya K3 untuk menjaga diri dan orang lain agar terhindar dari kecelakaan.

Ternyata terdapat pendekatan yang lebih efektif dan lebih mendalam sebagai upaya untuk menyadarkan pentingnya budaya K3, yaitu melalui :

3. SPIRITUAL COMMITMENT
Melaksanakan budaya K3 dalam aktivitas pekerjaan adalah bagian dari pada amal ibadah.

Agar bernilai ibadah, sudah semestinya pekerjaan dimulai dengan meminta perlindungan Allah SWT (DO'A), dan dilaksanakan secara sungguh-sungguh dengan mentaati tata aturan yang telah ditetapkan (IKHLAS), serta berserah diri kepada-Nya atas pencapaian yang kita inginkan, Operasinal yang aman dan selamat (TAWAKAL).

Terimakasih kepada Bpak, Ibu di lingkungan DITJEN MINERBA atas sarana virtual dan beberapa agenda dalam pembukaan Bulan K3 Nasional 2023 yang dapat diikuti oleh semua orang/ pekerja tambang. Banyak pelajaran/ pengetahuan yang dapat kami daparkan.

Semoga momen perayaan Bulan K3 ini semakin menumbuhkan pentingnya budaya K3 dan "Terwujudnya Pekerjaan Layak yang Berbudaya K3 Guna Mendukung Keberlangsungan Usaha di Setiap Tempat Kerja".

#BulanK3Nasional
#leadership
#Keselamatan

  • Share:

You Might Also Like

0 comments