TAWAKAL, BERDOA, DAN SEDEKAH UNTUK OPERASIONAL YANG SELAMAT DAN BERKAH

By Agus Nurul K - 2:09 AM


Mengawali operasional di tahun 2023 kami melakukan General SHE Talk kepada seluruh karyawan (Buma & Mitra Kerja).

Pada kegiatan ini materi pertama disampaikan oleh Pak Dede Bayu Irawan (PJS PJO/ Manager Engineering).

Beliau menyampaikan materi terkait :
1. Review perfoma keselamatan dan Operasional di tahun 2022
2. Refleksi dan rasa syukur atas apa yang telah diraih pada tahun 2022, serta menyampaikan Harapan dan doa untuk operasonal di tahun 2023.

Materi yang kedua disampaikan oleh perwakilan Management PT Berau Coal Site Binungan Mine Operation 2 (BMO2) Pak Salahuddin Alrasyid (Superintendent Maining).

Beliau menyampaikan apresiasi untuk seluruh karyawan BUMA dan Mitra Kerja atas pencapaian yang telah diraih di tahun 2022.

Selanjutnya beliau menyampaikan 4 Pilar Program Keselamatan PT Berau Coal : 

1. Leadership
Menyampaikan terkait fungsi pengawas sebagai pimpinan terdepan unit kerja harus menjadi "role model" dalam berperilaku yang aman dan selamat.

2. People
Pentingnya pemenuhan kompetensi seluruh pekerja. Beliau menyampaikan, selain Skill dan Knowladge, yang tidak kalah penting adalah Attitude. Kemempuan dan pengetahuan yang bagus harus dibarengi dengan perilaku yang baik/ perilaku aman dan selamat dalam bekerja.

3. Process
Seluruh roses kerja harus dikawal, dipastikan sesuai dengan Golden Rule, SOP/ STD/ JSA yang telah ditetapkan.

4. Technology
Penggunaan Driving Monitoring System (DMS) dan Mining eyes (CCTV) harus benar-benar dimanfaatkan sebagai alat untuk mendeteksi dini terhadap TTA/ KTA, sehingga dapat mencegah terjadinya kecelakaan. Jadikan DMS/ Mining Eyes sebagai sahabat dalam aktivitas kerja.

Selanjutnya beliaupun menyampaikan selain ikhtiar yang kita lakukan di atas tadi, mengajak untuk tawakal/ berserah diri kepada Allah SWT dibarengi dengan :

1. Doa
Selalu berdoa sebelum beraktivitas untuk memohon perlindungan dan kelancaran kerja. Beliau mengingatkan juga, bagi yang muslim jangan sampai meninggalkan solat yang 5 waktu, apapun aktivitas pekerjaannya.

2. Sedekah
Sedekah tiap subuh, ataupun sedekan lainnya akan menjadi amal kebaikan serta tolak-bala, melindungi kita dari marabahaya.

3. Berumroh/ Haji
Terakhir beliau mengajak kita untuk menunaikan Umroh/ Haji, niatkan dengan rezeki yang telah diterima, kita bisa menunaikan ibadah umroh/ haji. Rezeki yang kita terima akan ada pertanggungjawabannya kelak, kalau dipakai untuk Ibadah Insyallah akan menjadi amal kebaikan.

Semoga materi yang disampaikan ini menjadi penyemangat kita untuk terus berusaha berkerja/ berbuat baik, "Unggul Dalam Kinerja, Dapat Diandalkan", seperti tagline 24 Tahun BUMA.

  • Share:

You Might Also Like

0 comments